Kerjasama Dengan O’san Productions

Melanjutkan rencana membawa band Indonesia ke luar negeri (terutama Eropa), Musikator mengadakan kerjasama dengan O’san Productions.

Siapa mereka?

O’san Productions adalah perusahaan management/booking tour management/music event production yang berbasis di Perancis dan Jepang. Kerjasamanya akan meliputi membawa band Indonesia ke Perancis dan beberapa negara Eropa termasuk Swiss dan Finlandia, serta sebaliknya juga mengenalkan band Perancis (dan Eropa) ke Indonesia.

Meski lagu kamu sudah didistribusikan ke seluruh pelosok dunia lewat distribusi digital Musikator, itu baru langkah pertama bagi sebuah band untuk bisa melanglang buana ke benua lain.

Pada dasarnya kesulitan membawa band ke Eropa ada beberapa, yaitu:

  • Standar kualitas

Ini masalah nyata. Sulit sekali menyamai standar kualitas yang industri musiknya mapan seperti Eropa.

  • Beda selera

Meski ada band Indonesia yang bisa menyamai standar kualitas, lagunya belum tentu disukai orang Eropa.

  • Birokrasi

Masalah administrasi seperti imigrasi, ijin kerja, dan lisensi-lisensi khusus untuk mengadakan show di berbagai negara tidak bisa diselesaikan oleh pihak Indonesia saja.

  • Kearifan lokal

Dibutuhkan pengetahuan kearifan budaya setempat (bagaimana orang memandang dan memecahkan masalah). Pengetahuan ini tidak dapat di replika.

Kerjasama dengan O’san Production diharapkan dapat memecahkan beberapa masalah khusus di 2, 3 dan 4. Sementara itu masalah pertama adalah pekerjaan rumah kita sendiri di Indonesia yang tidak bisa dipecahkan oleh pihak lain.

Musikator dan O’san Production akan membuat sebuah projek khusus sebagai pilot projek yang berfungsi sebagai pengenalan dan pendalaman pekerjaan masing-masing. Yaitu membawa sebuah band asal Bandung ke beberapa negara Eropa pada musim panas 2015.

Semoga semua lancar.

4 Comments

  1. Alderina Reply

    Keren banget Musikator. Siapa tau dari sekian banyak pemusik Indonesia, ada yang nyangkut di hati orang-orang Eropa :)

    Note: senang juga melihat frasa kearifan lokal dipakai dengan cara yang benar.

  2. ixan ma'ul Reply

    Selamat dan sukses buat musikator, khususnya O’san Management, semoga dapat menjembatani mimpi2 para musisi Indonesia,khususnya band indie label bandung sebagai Salah satu barometer musik tanah air” semoga ini menjadi awal kebangkitan musik Indonesia. Amin…..:)

  3. BramaDipo Reply

    Point 1 kembali pada masalah fasilitas, permodalan juga support dari pihak lain yang lebih kompeten.
    Selebihnya, semoga MUSIKATOR dan O’SAN Productions dapat memfasilitasi dan menjadi semangat baru bagi warga bentala musik Indonesia untuk terus berkarya dengan menyempurnakan kualitas materi maupun 3 point lainnya agar standar kualitas musik kita mendapat status “akreditasi di-samakan”.
    Saya sudah join dan menunggu konfirmasi, semoga dapat bekerja sama dengan MUSIKATOR.
    Terima kasih Kisanak.
    The MangMang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *